Ciri Ciri Luka Memar Dan Langkah Yang Tepat Untuk Mengobatinya

     Luka memar biasanya terjadi akibat terbenturnya kulit ke benda tumpul hingga menyebabkan luka pada kulit disertai warna tertentu, Setiap luka mempunyai warna yang berbeda tergantung penyebabnya dan tingkat keparahanya. 

Ciri Ciri Luka Memar Dan Cara Mengobatinya
Gambar via @kenniththedork
     Warna tersebut terjadi akibat darah yang keluar perlahan akibat pembuluh darah yang rusak atau pecah. Selain itu biasanya luka ini terasa sakit dan munculnya benjolan.

Ciri Ciri Luka Memar

Ciri Ciri Luka Memar
Gambar via @im_borderline
     Luka memar bisa kita lihat dari luarnya, Yaitu seperti berubahnya warna kulit menjadi kemerahan, hijau pucat atau biru.  Selain itu kita juga bisa melihat timbulnya benjolan pada kulit yang terkena benda tumpul tersebut. 

     Waktu yang dibutuhkan untuk membuat luka memar benar- benar sembuh sekitar 10 sampai 15 hari, Tergantung dari keras dan tidaknya benturan tersebut. Tentunya semakin kerasnya benturan, Tentunya semakin parah juga luka memar yang ditimbulkan.


Cara Mengobati Luka Memar

     Setelah kita mengetahui ciri- ciri luka memar, Sebaiknya kita juga perlu tau bagaimana untuk menangani dan mengobati luka tersebut supaya lekas sembuh.

Mengompresnya Dengan Air Dingin Atau Es

Es Batu Untuk Mengompres Luka Memar
Gambar via @dcubeice
     Selain sebagai penyegar minuman, Es batu juga berkhasiat untuk meredakan luka memar. Seperti yang bisa kita lihat, Pemain tinju saat jeda biasanya dikompres menggunakan es batu. 

     Ya, Es batu mampu meredakan memar dan peradangan. Untuk cara menggunakanya kamu bisa mengompres luka memar kamu menggunakan es batu secara langsung atau menggunakan haduk selama beberapa menit.


Lakukan Pijatan Kecil

Memijat Luka Memar
Gambar via @pinknails_gd_saconnex
     Memijat luka memar secara berlahan akan meredakan rasa sakit, Kamu bisa menggunakan jari- jari kamu untuk melakukan hal ini. Lakukan selama beberapa saat hingga luka yang kamu miliki terasa lebih mendingan.

Balut  Lembut Luka Kamu

Membalut Luka Memar Untuk Melindungi Kulit
Gambar via @dilaariff
     Setelah melakukan beberapa langkah diatas, Langkah terakhir yang bisa kamu lakukan adalah membalut luka memar dengan kain kain lembut. Hal ini bertujuan untuk melindungi kulit dari kotoran dan mencegah bocornya pembuluh darah. 

Artikel Yang Mungkin Kamu Sukai:

Artikel Terkait

Previous
Next Post »