9 Tips Ampuh Menghilangkan Mual Dan Pusing Saat Hamil Muda

     Hamil merupakan saat yang paling ditunggu- tunggu bagi setiap pasangan, Karena sebentar lagi akan menghadirkan dedek bayi lucu yang kelak akan menjadi kebanggaan keluarga. 

     Tapi saat hamil biasanya seseorang mengalami mual atau pusing. Kenapa ya? Hal ini bisa disebabkan oleh beberapa hal, Seperti bertambah kencangnya darah yang mengalir, perubahan hormon dan masih banyak lain. 

Cara Menghilangkan Mual Dan Pusing Saat Hamil Muda
Gambar via @ye_jeenny
     Mual dan pusing merupakan kondisi yang normal, Jadi kamu tidak perlu khawatir akan hal ini, Namun biasanya mual dan pusing ini memiliki tingkat yang berbeda, Tergantung dari apa yang menyebabkan rasa mual dan pusing tersebut.  

     Biasanya hal ini terjadi saat awal kehamilan, Entah itu bulan pertama, Kedua bulan ketiga atau bulan keempat. Lalu bagaimana untuk mengatasinya? Ya, kali ini ada beberapa tips yang bisa kamu coba untuk menghilangkan mual dan pusing saat kamu hamil.

Cara Menghilangkan Mual Dan Pusing Saat Hamil Muda


Jauhi Bau Yang Menurut Kamu Tidak Sedap

Saat Hamil Jauhi Bau Menyengat
Gambar via @melissa.officall
      Ini adalah sebab utama yang dialami sebagian besar ibu hamil, Yaitu bau tidak sedap atau bau yang menyengat. Biasanya bau ini akan berefek menyebabkan kepala pusing kemudian akan mual. 

    Tidak hanya berlaku pada orang yang sedang mengandung saja, Terkadang orang biasa juga bisa mengalami hal ini. Cara terbaik untuk menghindari mual dan pusing adalah dengan menjauhi bau yang menurut kamu tidak sedap.

Tidak Pada Makanan Pedas

Ibu Hamil Tidak Boleh Makan Pedas
Gambar via @hube00
     Kedua yang harus kamu hindari adalah makanan yang pedas, Meskipun terbilang aman untuk bayi jika dikonsumsi sewajarnya, Namun makanan pedas justru akan menyebabkan mual dan pusing pada ibu yang sedang mengandung.

     Terutama pada ibu hamil trimester pertama.  Tidak hanya itu, Terjadinya kontraksi dan diare juga bisa terjadi setelah kamu mengkonsumsi makanan pedas. Untuk Itu lebih baik Hindari makan pedas, Cobalah untuk memprioritaskan buah dan sayuran.

Perbanyak Makanan Yang Mengandung Vitamin B6

Pentingnya Asupan Vitamin B6 saat Hamil
Gambar via @ajshaw627
     Vitamin B6 sangat dibutuhkan untuk ibu hamil, Kebutuhan ini berlaku sejak awal kehamilan sampai sang ibu melahirkan. Jika ibu hamil kekurangan pasokan Vitamin B6 biasanya akan berefek pada Mudah lelah, mual dan pusing. 

     Ya, Itulah mengapa konsumsi makanan yang mengandung vitamin B6 sangat disarankan. Efek baik yang ditimbulkan dari hal ini adalah tubuh ibu yang mengandung akan tidak mudah lelah dan sakit, Jadi kamu tidak perlu khawatir lagi akan mual dan pusing.

     Oh ya, Beberapa makanan yang mengandung Vitamin B6 terdapat pada bayam, melon, alpukat, pisang, semangka, brokoli dan masih banyak lagi.

Hangatkan Badan Kamu

Menjaga Kehangatan Saat Hamil Itu Penting
Gambar via @one_shotboy
     Memakai jeket atau kain tebal untuk menjaga tubuh kamu tetap hangat, Terutama saat hujan atau malam hari. Hal ini bertujuan untuk menghalangi angin yang masuk ke dalam tubuh. 

     Karena angin yang masuk kedalam tubuh ini biasanya akan berefek langsung bagi kesehatan kamu, mual serasa ingin muntah mungkin salah satu hal yang kamu rasakan.

Lebih Sering Makan, Tapi Dalam Porsi Kecil

Sering Makan Bagi Ibu Hamil
Gambar via @battlingthetides
     Jangan heran jika ketika seorang sedang mengandung dia lebih mudah untuk lapar, Karena tidak hanya ibu saja yang membutuhkan makanan tersebut. 

    Melainkan janinpun membutuhkanya. Ini alasan kenapa ibu mengandung mudah sekali lapar. Makanlah dengan porsi sedikit demi sedikit, Jika lapar lagi ambil lagi. 

     Jangan sembarangan juga dalam memilih makanan, Usahakan makanan tersebut baik untuk kesehatan janin dan ibu,  Sayur dan buah adalah makanan yang sangat disarankan untuk ibu hamil.

     Dengan nutrisi yang tercukupi ibu hamil akan mendapatkan energi dan tidak mudah mual atau pusing.

Cobalah Makanan Yang Mengandung Vitamin C

Khasiat Vitamin C Untuk Ibu Hamil Dan Janin
Gambar via @vikaingo
     Banyak nutrisi yang dibutuhkan saat hamil, Salah satunya adalah Vitamin C, Kegunaan vitamin C untuk janin sebagai pembentukan kolagen dan untuk memperbaiki sel pada tubuh. 

      Salah satu manfaat yang bisa didapatkan dari vitamin C adalah tubuh tidak mudah lelah dan stamina tetap terjaga. Untuk itu jangan lupakan makanan yang mengandung vitamin C ya. 

     Tapi jangan terlalu berlebihan, Karena hal ini bisa berdampak pada keguguran janin. Usahakan untuk seimbang dalam memberikan asupan, Karena nutrisi lainya juga penting untuk dipenuhi.

Minum Air Putih

Air Putih Adalah Kebutuhan Wajib Bagi Ibu Hamil
Gambar via @ermayunita_87
     Air putih merupakan salah satu hal yang tidak boleh dilupakan atau disepelekan, Apalagi ketika sedang hamil. Ibu hamil biasanya mudah sekali untuk dehiderasi. 

     Konsumsi air perlu di perhatikan karena ibu yang sedang mengandung membutuhkan pasokan air putih lebih banyak daripada orang yang tidak mengandung. 

     Jika kamu merasa pusing atau mual cobalah untuk menambah porsi air putih kamu.

Tenangkan Diri Kamu

Menenangkan Diri Saat Stres Untuk Ibu Hamil
Gambar via @cestujemmiestami
      Hal- hal tertentu seperti keramaian bisa membuat tubuh kamu stres, Untuk itu menenangkan diri dan mencari tempat yang sepi adalah cara yang tepat untuk membuat diri lebih tenang. 

     Cobalah cari tempat yang jauh dari keramaian. Berkunjung ke taman atau lingkungan hijau, Itu ide yang bagus Dari situ kita bisa menenangkan diri sesungguhnya. 

Olahraga Kecil

Manfaat Olahraga Kecil Saat Hamil
Gambar via @shraddha__meri_jan_
     Olahraga juga tidak boleh kamu tinggalkan, Melakukan gerakan fisik sederhana seperti jalan santai atau jogging selama beberapa menit saat pagi hari sangat bagus untuk menghindarkan dari stres.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »