9 Tips Diet Cepat Kurus Tanpa Olahraga Paling Mudah

Kelebihan berat badan seringkali dialami oleh banyak orang, terutama untuk seseorang yang gemar makan, kelebihan berat badan tentunya sangat mengganggu penampilan, khususnya untuk anak muda yang sangat memperhatikan sekali penampilanya, karena itu sangatlah penting untuk selalu terlihat sempurna di mata orang lain terutama doi, masa mau kencan atau jalan berdua dengan keadaan perut buncit atau atau dengan tubuh yang tidak ideal, tentunya hal ini bisa menurunkan kepercayaan diri, untuk itu perlu mempunyai tubuh yang ideal untuk terlihat lebih menarik dimata orang lain khususya gebetan.

Sebenarnya ada beberapa penyebab kenapa berat badan kamu meningkat, salah satunya adalah pola makan yang tidak teratur atau kebiasaan buruk lain yang tanpa sadari setiap hari kamu lakukan.

Pastinya kamu tidak ingin kan jika berat badan kamu kelebihan, kamu pasti menginginkan tubuh yang ideal untuk terlihat tampil sempurna dimata semua orang.

Namun banyak orang yang malas untuk melakukan aktivitas fisik, terutama olahraga karena memang tidak semua orang suka dengan aktivitas ini.

Pengin kurus tapi enggan olahraga, sebenarnya bisa saja. namun sebelum membahas tentang hal itu ada baiknya jika kita mengetahui terlebih dahulu apa saja sih faktor atau penyebab yang bisa menimbulkan berat badan kita naik.

Dibawah ini adalah beberapa penyebab kenapa berat badan kita bisa naik, pahami ya biar kamu tidak salah lagi dan terhindar dari berat badan berlebihan. oke ini adalah beberapa kebiasaan atau penyebab yang bisa menimbulkan berat badan kamu naik, mungkin tanpa kamu sadari.

Makan Sebelum Tidur

Kebiasaan ini mungkin sering kita lakukan, karena saat malam hari terkadang perut kita keroncongan dan untuk mengurangi atau menghilangkan perut yang keroncongan pastinya kita memilih untuk makan, entah itu sekedar ngemil atau makan makanan besar seperti nasi. tidak ada salahnya sebenarnya makan pada  malam hari, namun setelah makan terkadang kita langsung tidur, nah ini yang menyebabkan tubuh kita mudah sekali melar.

Makan lalu tidur, selain dapat menambah berat badan kita yang tadinya ideal menjadi melar, kebiasaan ini juga nggak baik lho bagi kesehatan tubuh kita, untuk itu hindari makan sebelum tidur ya.

Ada baiknya jika kita makan pada sore hari agar makanan yang masuk kedalam tubuh kita banar benar tercerna dengan baik dan tidak ada efek apapun yang ditimbulkan.

Sebenarnya boleh saja makan pada malam hari namun perlu diingat jangan sebelum tidur, minimal 2 atau 3 jam setelah makan kamu boleh tidur. dan jangan makan terlalu banyak, karena makanan yang masuk juga berfungsi sebagai energi, sedangkan pada malam hari kita tidak melakukan aktivitas apapun, jadi energi yang ada pada tubuh kita tidak digunakan, karena tidak digunakan energi tersebut akan disimpan dalam tubuh dan diubah menjadi lemak, nah ini yang menyebabkan berat badan kamu naik.

Artikel terkait:

Kurang Gerak

Duduk selama berjam jam di depan komputer, nonton tv atau bermain gadget terkadang membuat kita lupa atau malas untuk melakukan aktivitas fisik, tanpa kamu sadari hal ini juga bisa  mengakibatkan berat badan kamu naik.

Tidak bisa dipungkiri karena sekarang serba teknologi ya jadi ngapain aja serba instan dan praktis, tak perlu menggunakan tenaga atau apapun itu seperti sekarang sudah ada kendaraan, kalau mau kemana mana tidak perlu lagi repot repot jalan kaki.

Namun terkadang dengan kemajuan teknologi seperti sekarang ini, mengakibatkan banyak orang melalaikan kegiatan atau aktivitas fisik, dimana aktivitas fisik sebenarnya sangatlah penting untuk selalu kita lakukan.

Dengan melakukan aktivitas fisik tubuh kita akan lebih terlatih dan bekerja secara maksimal, salah manfaat yang bisa kita dapatkan dari aktivitas fisik adalah untuk membakar lemak dalam tubuh. seperti yang saya sampaikan diatas bahwa makanan yang masuk ke tubuh kita jika tidak digunakan untuk aktivitas akan disimpan menjadi lemak.

Nah ini pentingnya aktivitas fisik salah satunya bisa mengurangi lemak pada tubuh kita. selain bisa mengurangi lemak tubuh, badan kita juga akan lebih sehat dan bugar lho. jangan malas malasan lagi untuk sekadar melakukan kegiatan fisik, jika kamu sangat sibuk dengan pekerjaan setidaknya sempatkan 30 menit untuk melakukan sedikit gerakan untuk membuat tubuh kita rileks kembali.

Banyak kok aktivitas yang bisa kamu lakukan dan tentunya kegiatan itu menyenangkan, seperti bersepeda atau jogging jadi enggak semua gerakan fisik itu membosankan. malah duduk didepan laptop atau berdiam diri selama berjam jam yang sebenarnya membosankan.

Kurang Tidur

Aktivitas pada malam hari entah itu kumpul sama temen, bermain ps atau lembur untuk  menyelesaikan pekerjaan hingga larut malam sering kali banyak orang lakukan. namun sebelumnya apa sih kaitanya begadang atau kurang tidur dengan kenaikan berat badan kita  kayaknya nggak ada deh? tentu saja ada, ketika kita tidur terlalu larut malam hormon pada tubuh kita akan meningkat, dimana peningkatan hormon ini menyebabkan memicunya peningkatan nafsu makan. nah ini yang membuat kalau malam hari rasanya ingin makan terus dan terus.

Karena hormon pada tubuh kita meningkat pasti kita pengin makan atau ngemil. karena hawa dingin pada malam hari biasanya orang memilih makanan yang hangat salah satunya gorengan. belum banyak orang yang mengetahui bahwa gorengan atau makanan berminyak mengandung banyak kalori yang dapat membuat berat badan menjadi naik dan kurang sehat jika dikonsumsi secara berlebihan terutama pada saat malam hari.


Pola Makan Yang Tidak Teratur

Banyak makanan terutama saat ada acara tertentu seperti hajatan atau atau acara besar tertentu menimbulkan rasa ingin makan terus menerus.

Semua makanan dari kecil sampai besar kita makan semua, tak peduli perut udah kenyang atau belum yang pening makan terus. pola makan yang tidak seimbang atau tidak teratur seperti ini juga bisa mengakibatkan tubuh kamu melar.

Perlu kamu kurang kurangi deh pokoknya kebiasaan ini jika kamu ingin mendapatkan tubuh yang ideal atau ingin terhindar dari yang namanya gendut, jagalah pola makan makan dan hanya saat lapar kamu makan.

Makan pada saat kita lapar dapat lebih kita nikmati ketimbang terlalu banyak makan itu nggak bakalan bisa kamu nikmati. pola makan yang teratur akan membuat kamu lebih sehat juga, dan terhindar dari ancaman berbagai penyakit berbahaya salah satunya obesitas.

Jika kamu merasa lapar dan lapar lagi sebaiknya tahanlah keinginan itu, alihkan keinginan itu dengan aktivitas atau kesibukan tertentu, pasti kamu akan tidak lagi mengalami rasa lapar terlalu sering.


Itu dia beberapa penyebab kenaikan berat badan yang seringkali dialami banyak orang, tentunya beberapa kebiasaan buruk diatas harus kamu tinggalkan supaya berat badan kamu tidak naik lagi.

Namun jika kamu sudah terlanjur mempunyai berat badan yang berlebihan atau tidak ideal tentunya hal ini harus segara diatasi untuk tampil sempurna lagi.

Namun jika kamu malas untuk melakukan olahraga untuk menurunkan berat badan atau kamu mungkin sangat sibuk hingga tidak punya banyak waktu untuk melakukan olahraga, kamu dapat mencoba beberapa cara dibawah ini untuk membantu menurunkan berat badan kamu.

Berikut beberapa cara efektif yang bisa kamu coba untuk menurunkan berat badan, enggak ribet kok caba saja deh.

Memilih Makanan Yang Mengandung Serat Tinggi

Makanan yang masuk kedalam tubuh kita sangatlah penting untuk kita perhatikan, karena setiap makanan yang ada dalam tubuh kita tentunya sangat berpengaruh. untuk itu jangan asal pilih makanan, karena ini akan berefek buruk pada pada tubuh salah satunya adalah dapat menyebabkan kenaikan berat badan.

Memilih makanan yang sehat dan menghindari makanan yang mengandung banyak lemak atau minyak juga sangat perlu kita perhatikan, karena kedua makanan ini berpengaruh besar dalam  tubuh kita, dimana makanan yang mengandung lemak atau minyak adalah makanan yang dapat menyebabkan naiknya berat badan.

Untuk itu ada baiknya jika kamu kurangi makanan yang mengandung minyak dan lemak tersebut. pilihlah makanan yang baik untuk tubuh seperti makanan yang mengandung banyak protein, karena kandungan ini baik untuk tubuh kita. 

Kenapa saya sarankan untuk memilih makanan yang mempunyai kandungan protein yang tinggi? tentu saja ada alasanya. makanan yang mempunyai kandungan protein tinggi dapat menjadikan rasa kenyang pada kita setelah makan akan tahan lama. 

Jadi kamu nggak bakalan lagi mudah lapar walaupun melakukan aktivitas seharian. beberapa makanan yang memiliki kandungan serat tinggi  adalah buah buahan, sayuran, gandum, biji bijian,  kacang kacangan.

Berikut adalah beberapa makanan yang mempunyai serat tinggi yang bisa kamu coba:

Buah
Anggur, alpukat, apel, buah beri, pisang, pir

Sayur
Bayam, buncis, brokoli, mentimun, pare, sawi, wortel, mentimun, sawi, seledri

Biji bijian
Gandum, barley, buckwheat, millet

Kacang kacangan
Kacang polong, kacang arab, kacang kedelai, kacang hitam,kacang tanah, kacang merah kedelai

Perbanyak Makan Sayur

Mungkin jaman sekarang sayuran menjadi salah satu menu makan yang kurang diminati terutama oleh anak muda, karena banyaknya pilihan makanan yang ada saat ini, salah satunya adalah makanan yang instan atau cepat saji yang membuat orang malas untuk mengkonsumsi sayuran, karena memang makanan siap saji sangat mudah dan praktis dalam mengolahnya. 

Tidak perlu repot repot lagi untuk memasak atau membuat dari nol hingga siap untuk dimakan. namun perlu kamu ketahui juga bahwa makanan siap saji juga tidak baik untuk kesehatan, banyak zat yang terkandung dalam makanan siap saji yang berbahaya bagi tubuh jika dikonsumsi secara lama.

Salah satu efek yang ditimbulkan dari makanan siap saji adalah menambahnya berat badan kamu, untuk itu sangatlah penting untuk mengkonsumsi makanan yang sehat supaya kesehatan tetap terjaga, terutama berat badan tetap ideal. 

Cara yang tepat untuk menjaga keseimbangan berat badan adalah dengan memilih makanan yang sehat, salah satunya yaitu dengan memperbanyak makan sayuran, dimana sayuran sudah terbukti ampuh dalam memberikan nutrisi yang baik bagi tubuh kita. harganya juga terjangkau, atau mungkin yang tinggal di desa tinggal memetik atau mengambilnya di kebun, tentunya hal ini sangatlah menguntungkan dan tidak perlu menghemat lagi biaya. 

Sayuran memiliki kandungan air dan serat, dimana kandungan ini dapat membantu kamu dalam mengurangi berat badan kamu. tidak hanya itu sebenarnya masih ada banyak lagi manfaat yang bisa kita dapatkan dari mengkonsumsi sayuran terutama untuk kesehatan tubuh kita. 

Untuk itu jangan lupa untuk selalu menghadirkan atau menyediakan sayuran disetiap menu makan kamu. ini akan membuatmu lebih sehat dan terhindar dari berbagai ancaman penyakit.

Perbanyak Juga Minum Air Putih

Manfaat air putih bagi tubuh kita juga banyak, air putih berperan penting untuk menjaga tubuh kita agar tetap sehat. karena sebagian besar dari tubuh kita terisi oleh cairan, jadi haruslah kita agar tetap tercukupi kebutuhan air nya, jangan sampai ya tubuh kamu menjadi kurang sehat gara gara kekurangan air putih. 

Dibandingkan dengan minuman kemasan, lebih baik meminum air putih, karena pada minuman kemasan biasanya mengandung beberapa bahan yang tidak baik untuk kesehatan tubuh kita. untuk itu sangatlah penting untuk kita jaga selalu kebutuhan air putih supaya tubuh kita tetap sehat dan jangan lupa juga untuk mengurangi konsumsi minuman kemasan. 

Minumlah air putih kurang lebih 8 gelas dalam satu hari, terutama kalau mau makan, usahakan kamu meminum air putih terlebih dahulu agar kamu tidak makan terlalu bayak. tentu saja efeknya akan sangat baik bagi tubuh kamu karena kamu tidak makanan terlalu banyak jadi kandungan lemak yang terdapat pada tubuh kamu juga akan berkurang.

Jangan Tidur Terlalu Malam Atau Tidak Terlalu Sering Begadang

Seperti yang saya sampaikan diatas bahwa kekurangan tidur juga akan berefek pada bertambahnya berat badan kamu, karena ketika malam hari kita akan merasa lapar terus dan tentunya karena rasa lapar itu akan membuat kita sering makan, dimana ketika kita makan saat malam hari, makanan yang masuk kedalam tubuh akan disimpan menjadi lemak. 

Tentunya hal ini juga akan berefek pada menambahnya berat badan, untuk itu mulai sekarang jika kamu suka tidur terlalu larut malam dan begadang lebih baik kamu tinggalkan kebiasaan ini. jangan sampai kamu berat badan kamu meningkat akibat ini, karena sisi lain kekurangan tidur juga akan berdampak buruk untuk kesehatan kita.

Baca juga: 

Makan Dengan Porsi Kecil

Salah satu cara terbaik yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi makan yang terlalu banyak adalah dengan menggunakan piring kecil. ketika kita menggunakan piring yang besar saat makan pasti  porsi yang banyak namun terlihat sedikit. 

Berbeda ketika kita menggunakan piring yang kecil, ketika kita menaruh makanan ke piring kecil pasti nggak akan terlihat kurang meskipun porsinya lebih kecil dibandingkan menggunakan piring yang besar. 

Jika kamu belum punya piring yang kecil sekarang belilah piring yang kecil dan gunaan untuk setiap kamu makan. di jamin deh kamu nggak akan makan berlebihan lagi dan berat badan kamu nggak akan naik lagi. pokoknya porsi makan yang kecil akan menghindarkan kita dari kelebihan berat badan, disisi lain kamu juga akan terhindar dari penyakit berbahaya seperti obesitas.

Lakukan Aktivitas Fisik

Pekerjaan di kantor atau didepan layar komputer seringkali dilakukan banyak orang, duduk didepan komputer atau hanya sekedar duduk mengisi data- data selama seharian sampai lupa dengan aktivitas fisik, bahkan untuk berjalan saja mungkin enggan. karena sudah ada kendaraan yang dapat memudahkan kita untuk pergi ke suatu tempat. 

Namun jika tubuh terus menerus dimanjakan seperti ini tentunya nggak baik, karena pada dasarnya gerakan itu sangatlah penting untuk selalu kita lakukan. meskipun tidak harus dengan olahraga kamu bisa menggunakan cara lain yang sederhana yaitu mengganti aktivitas yang seharusnya biasa kita lakukan dengan  instan dan menggantinya dengan manual. 

Seperti ketika kamu ketika berangkat ke kantor, misal jika rumah kamu dekat dengan kantor, jika sebelumnya kamu menggunakan kendaraan bermotor atau dengan mobil untuk berangkat ke kantor, kamu bisa mencoba mengganti kebiasaan ini, yaitu dengan menggunakan menggunakan sepeda ketika berangkat bekerja. 

Atau mungkin ketika kamu mempunyai waktu luang ketika kamu libur kerja jika kamu bisanya hanya dirumah memainkan gadget atau hanya sekedar nonton tv sekarang cobalah untuk keluar sejenak ke alun alun atau ke taman untuk jalan jalan, ini bukan olahraga dan  pastinya kamu akan merasa bahagia karena selain bisa menyenangkan diri kamu juga bisa cuci mata, ini adalah salah satu cara hidup sehat dengan cara yang menyenangkan.

Kurangi Makanan Yang Mengandung Minyak

Seringkali banyak orang Indonesia ketika makan tidak bisa lepas dari yang namanya tempe atau mendoan, atau ketika malam hari yang memilih membeli gorengan untuk menghangatkan badan. jika kamu salah satunya yang melakukan hal ini, nggak heran deh jika kamu mempunyai berat badan yang berlebihan, karena memang makanan berminyak mengandung banyak lemak, dimana lemak yang terkandung pada makanan ini dapat menambah berat badan kamu. 

Selain itu lemak yang terkandung dalam makanan juga tidak baik untuk kesehatan, karena lemak ini lemak jahat yang dapat meningkatkan kolesterol. nah jika selama ini kamu hobi makanan yang mengandung minyak sekarang mending ganti makan buah atau sayur. 

Nggak harus benar benar meninggalkan atau tidak sama sekali mengkonsumsi makanan yang berminyak. karena minyak juga penting dalam keseharian kita, salah satunya adalah untuk memasak, pasti kita membutuhkan minyak. 

Konsumsi Buah Buahan

Memilih makanan yang sehat untuk dikonsumsi sangatlah penting, karena efeknya ngaruh banget pada tubuh kita. mungkin jika selama ini kamu asal asalan dalam memilih makanan atau kurang memperhatikan makanan apa saja yang masuk kedalam tubuh, sekarang kamu harus lebih memperhatikan lagi kualitas makanan tersebut dan tentunya mempunyai nutrisi yang baik untuk tubuh kita. 

Salah satu makanan yang tak boleh terlewatkan adalah buah buahan, kenapa buah buahan?  karena buah buahan mempunyai banyak sekali manfaat bagi tubuh, buah mempunyai banyak nutrisi dan gizi baik dan tentunya hal ini menimbulkan efek baik untuk kesehatan tubuh kita. 

Dengan mengkonsumsi buah juga dapat menjaga keseimbangan tubuh kita tentunya. nah oleh karena itu jangan lupa konsumsi buah ya setiap hari biar tubuh kamu tetap ideal.

Kurangi Makanan Atau Minuman Yang Manis

Seringkali kita hobi banget kalau mengkonsumsi makanan atau minuman yang manis, karena memang sangatlah nikmat dan enak. namun tak semua yang manis itu baik, efek dari mengkonsumsi makanan yang manis bisa saja buruk untuk kesehatan, salah satunya bisa meningkatkan berat badan kita. 

Karena dalam makanan atau minuman manis yang bisanya kita nikmati bisa meningkatkan glukosa, dimana glukosa ini tidak baik jika berlebihan untuk badan kita, dan salah satu efek yang mungkin di akibatkan oleh kebanyakan glukosa adalah meningkatnya berat badan. 

Untuk itu jika selama kamu mungkin hobi makanan manis, mending sekarang ganti makanan kesukaan kamu dari yang manis ke yang lebih sehat, salah satunya adalah dengan mengkonsumsi buah buahan, manis tapi menyehatkan.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »