Cara Mudah Mengatasi Gigi Ngilu Dengan Air Garam

Cara Mudah Mengatasi Gigi Ngilu Dengan Air Garam

Ngilu seringkali dialami oleh seseorang ketika mengkonsumsi makanan atau minuman yang bersifat dingin atau panas.

Rasa ngilu ini pasti akan mengganggu kita dalam keseharian, terutama untuk kita yang mungkin mempunyai makanan favorit panas seperti bakso dan minuman dingin seperti es jeruk.

Hal ini tentunya tidak bisa dibiarkan terus menerus. untuk itu ada baiknya jika kita mengatasi masalah ini, mungkin ada beberapa produk yang dapat kita gunakan untuk mengatasi gigi ngilu, seperti pasta gigi ataupun obat obatan.

Namun sebenarnya kita dapat memanfaatkan bahan alami untuk mengatasi gigi ngilu ini, bahan ini sangat mudah kita dapatkan dan saya rasa semua orang mempunyai bahan ini, bahan tersebut adalah air garam.

Ya, air garam bisa kita andalkan untuk mengatasi hal ini, selain untuk memberikan cita rasa terbaik pada masakan, salah satu manfaat lain yang bisa kita dapatkan dari garam adalah untuk membantu meredakan gigi kita yang ngilu saat mengkonsumsi makanan tertentu.

Mungkin belum banyak yang tau tentang hal ini, pada kesempatan ini saya akan memberi tau tentang cara menggunakan air garam untuk mengatasi ngilu.

Meskipun menggunakan air garam untuk menghilangkan rasa ngilu hanya sementara, namun saya rasa menggunakan garam untuk mengatasi gigi ngilu adalah pilihan yang tepat, karena sebenarnya untuk benar benar menghilangkan rasa nyeri atau ngilu ini adalah pergi ke dokter dengan melakukan perawatan atau pengobatan biar tidak kambuh lagi.

Namun tidak ada salahnya jika kita menggunakan garam sebagai bahan alternatif untuk menghilangkan rasa ngilu ini.

Cara Menggunakan Garam Untuk Mengatasi Gigi Ngilu


Cara membuatnya:.

  • Pertama siapkan satu sendok makan garam, masukkan kedalam gelas
  • Tambahkan air panas kedalam gelas yang berisi garam tersebut
  • Aduk selama beberapa saat hingga garam larut
  • Setelah itu tunggu hingga air panas tersebut menjadi hangat
  • Setelah dirasa air sudah hangat gunakan air tersebut untuk kumur
  • Kumur kumur selama beberapa saat dan muntahkan, ulangi beberapa kali


Lakukan kegiatan ini 2 atau 3 kali dalam sehari

Jika kita sudah mengetahui tentang cara menghilangkan nyeri atau ngilu menggunakan air garam, sekarang kita usut lebih dalam, apa sih yang sebenarnya menyebabkan gigi kita ngilu saat mengkonsumsi makanan dingin atau panas, biar nggak keseringan lagi melakukan kegiatan yang bisa menyebabkan gigi ngilu.

Berikut penyebab atau kebiasaan yang dapat menyebabkan gigi kita ngilu.

Gigi Berlubang

Penyebab pertama yang sering dialami yang menyebabkan gigi ngilu adalah gigi berlubang, ketika gigi kita berlubang sisa makanan bisa masuk kedalam lubang gigi tersebut, dengan demikian akan menimbulkan rasa ngilu bahkan rasa sakit pada gigi.

Untuk itu rajin rajin ya sekarang dalam membersihkan atau memperhatikan kebersihan mulut agar gigi kamu tetap sehat dan terhindar dari yang gigi berlubang.

Luka Pada Gusi

Selanjutnya mungkin ada luka yang terdapat pada gusi kamu, luka pada gusi juga bisa berefek ngilu saat kita mengkonsumsi makanan yang dingin atau panas, ketika gusi kita ada luka sensivitas pada gigi kita juga akan ikut naik, hal ini dapat menyebabkan gigi kita mudah ngilu.

Untuk itu ada baiknya juga kita selalu memperhatikan kesehatan dalam area mulut kita salah satunya adalah gusi.

Memakan Makanan Panas Dan Dingin Secara Bergantian 
Mungkin orang Indonesia sering melakukan kebiasaan ini, ya banyak orang yang mengalami ngilu saat mengkonsumsi makanan yang dingin dan panas secara bergantian. misalnya saat mengkonsumsi bakso dan memilih minuman seperti es teh dan sejenisnya.

Kebiasaan ini juga dapat menyebabkan gigi kita ngilu, untuk menghindari ini sebaiknya untuk menghentikan kebiasaan ini, misalnya ketika kita mengkonsumsi bakso yang panas, pilihlah minuman teh hangat atau air putih untuk menghindari gigi kita ngilu. karena ketika kita mengkonsumsi makanan dan minuman yang berlawanan ini  juga tidak baik untuk kesehatan gigi kita.

Sering Menggunakan Obat Kumur

Obat kumur memang ampuh untuk menghilangkan sisa makanan yang menempel pada gigi, merawat serta mengatasi berbagai masalah pada mulut kita, seperti bau mulut.

Namun terlalu sering menggunakan obat kumur juga akan menyebabkan gigi kita mudah ngilu. karena dalam obat kumur biasanya terdapat kandungan kimia yang bisa menyebabkan gigi kita lebih sensitif dan mudah ngilu.


Sisa Makanan Yang Menempel Pada Gigi

Kebiasaan tidak membersihkan gigi setelah makan bisa menyebabkan sisa makanan menempel pada gigi kita, kotoran tersebut tentunya dapat menyebabkan bakteri tumbuh, selain itu sisa makanan tersebut juga dapat menyebabkan dorongan saat makan pada gusi yang dapat menyebabkan gigi kita ngilu.

Menyikat Gigi Dengan Cara Yang Salah

Dalam menyikat gigi juga harus lebih kita perhatikan lagi, kebiasaan salah saat menyikat gigi yang umum terjadi adalah menyikat gigi terlalu keras, sebagian orang mungkin melakukan hal ini supaya sisa makanan yang menempel pada gigi dapat terangkat dengan sempurna, ya, itu memang benar, namun salah satu efek yang mungkin ditimbulkan adalah luka pada gusi, dimana adanya luka pada gusi ini dapat menyebabkan gigi kita lebih mudah ngilu.


Baru Saja Melakukan Cabut Gigi atau Perawatan Gigi

Setelah melakukan cabut gigi tentunya akan menimbulkan gusi kita terdapat goresan atau luka pada gusi kita, hal ini tentunya akan mengakibatkan gigi kita lebih sensitif lagi.

Namun setelah menjelang beberapa minggu rasa ngilu ini akan segera hilang, namun jika tidak kunjung sembuh dan selalu kambuh kamu perlu melakukan konsultasi lagi ke dokter untuk mengatasi masalah ini.

Tidak Menggunakan Bulu Sikat Gigi Yang Lembut

Menggunakan bulu sikat gigi yang terlalu kasar juga akan berdampak buruk bagi gusi kita, yaitu dapat menyebabkan luka pada gusi kita, seperti yang kita tau bahwa ketika gusi kita terdapat luka akan menyebabkan gigi kita lebih sensitif dan mudah ngilu. 

Untuk itu ada baiknya untuk mengganti bulu sikat gigi kamu dari yang kasar dengan yang lembut supaya tidak terjadi lagi goresan atau luka pada gusi kamu.

Artikel terkait:

Artikel Terkait

Previous
Next Post »